Minggu, 19 Agustus 2012

Pemberi Harapan Palsu (PHP)

Awalnya kenal, terus sms-an, ngumbar kata mesra dan… gak ada komitmen. Itulah sedikit skenario yang ada dalam istilah “Pemberi Harapan Palsu(PHP)”.

Simpelnya gini, ada dua orang sebut aja Aldy dan Ara. Aldy terkenal sebagai orang yang supel dan deket dengan beberapa cewek. Awalnya kenal terus mereka rajin banget sms-an. Aldy selalu nanggepin dengan balesan sms yang bernada perhatian banget. Tanpa sadar Ara punya perasaan lebih dari temen ke Aldy. Dengan tanggepan Aldy yang baik banget, Ara ngerasa Aldy punya perasaan yang sama. Karena dari perhatian yang Aldy kasih menunjukkan sinyal-sinyal tersebut. Bahkan Aldy sempat mengatakan “Miss you” dan Ara menganggap itu adalah hal yang luar biasa. Hari berganti hari, hubungan mereka masih sebatas berteman. Akhirnya Ara menyinggung soal komitmen dan Aldy selalu berdalih setiap mereka masuk ke topik itu.

Dalam hal ini, Ara ngerasa di-PHP-in. Sebenernya PHP itu gimana??? PHP (Pemberi Harapan Palsu) adalah kondisi dimana ada orang yang perhatian banget sama lo dan lo nunggu banget momen ditembak/nembak tapi ternyata semua hanya FATAMORGANA dan pada akhirnya doi bilang “Emang aku ngasih harepan yah? Maaf deh”.  Biasanya, kata PHP ini ditujukan kepada para cowok. Bukan berarti cewek gak bisa jadi PHP, tapi kalo cewek lebih sering masuk ke kategori FRIENDZONE.

Apakah di-PHPin itu gak enak? So pasti! Diawal pasti terasa menggebu-gebu dengan perhatian si doi. Kita merasa jadi orang paling beruntung apalagi kalo doi emang banyak yang nyukain. Soalnya, orang yang PHP itu cenderung orang yang punya pesona khusus dan banyak yang naksir. Itu makanya, korban PHP biasanya bangga banget diawal hubungan.

Saking bangganya, biasanya korban PHP juga suka ngebangga-banggain doi di depan temen-temennya. Padahal ditembak aja belum! Bosen juga lama-lama digantungin, akhirnya korban mulai menyinggung status hubungan. Dan saat si PHP bilang “Emang aku ngasi harepan yah? Maaf deh..” disaat itu ibarat langit runtuh, harapan kita runtuh seketika. Efeknya? Galau menahun! Status Galauers bakal kita pegang. Obatnya apa? Move-on! Tapi apa mungkin secepat itu? Karena pasti masih ada trauma yang menghantui.
So, what should I do?
Nah, sebenernya gak semua cowok yang perhatian itu PHP. Oke disini gue menitikkan pada cowok, karena gue ini cewek. Kebanyakan cowok yang nyaman ngobrol sama cewek, belum tentu doi suka sama kita. Bisa jadi karena hobi yang sama, pemikiran yang sejalan, atau emang doi gak pengen ngecewain kita. Kalo ada cewek yang perhatian banget sama cowok, biasanya si cowok cenderung membalas perhatian tersebut. Mungkin karena cewek pada umumnya bekerja dengan perasaan, cewek gampang geer dengan perhatian cowok. Hal ini yang seringkali mengakibatkan cewek merasa si cowok suka sama dia dan ketika kenyataan berbeda, si cewek nganggep cowok itu PHP!

Menurut gue sendiri dan berdasarkan pengalaman pribadi, kita para cewek harus lebih pintar dalam menjalani sebuah hubungan. Bukan berarti tiap ada yang ngeflirt kita, dia suka sama kita. Bukan berarti tiap ada yang perhatian sama kita, dia cinta sama kita. Gak gue pungkiri, cowok bakal deketin cewek yang menarik buat dia. Tapi, gak gue pungkiri juga, Cowok Pasti Nyari Yang Terbaik. Jadi, bisa aja ke-PHP-an itu dilakukan dalam pencarian yang terbaik. Bisa jadi sebenernya diawal hubungan, si cowok ada rasa, tapi ternyata setelah survey, ada beberapa sifat lo yang gak bisa doi terima. Sah-sah aja toh, kan belum ada komitmen.

PHP terjadi pada hubungan yang singkat. Baru kenal terus, langsung sok mesra gitu. Tapi bukan berarti pdkt yang lama gakbakal kejadian yg namanya PHP. Dan gue termasuk orang yang nikmatin proses. Dalam perspektif ini, menurut gue kalo emang lo ngerasa di-PHPin, ya nikmatin aja selama bikin lo seneng. Anggep aja ngisi waktu luang. Jangan terlalu terbawa perasaan dan terlalu agresif. 

Let it flow, kalo emang si PHP suka sama lo, suatu saat mungkin doi bakal nembak lo. But don't hope too much. Karena gak selamanya ekspektasi kita itu sesuai dengan kenyataan. Tapi bisa jadi orang yang tertuduh PHP emang gak niat PHP, who knows. Bisa aja kan emang kita (cewek) kegeeran? Tapi buat kalian yang niat jadi PHP, inget, KARMA SELALU ADA! Kalo gak pengen diselingkuhin, jangan pernah selingkuhin orang. Kalo gak pengen di-PHPin, jangan pernah meng-PHPkan seseorang, karena akan berujung hal yang lebih pahit.
Buat lo yang terjebak kisah PHP, santai aja, gak harus showeran mulu tiap malem.Move On! jangan cuma niat tapi juga usaha. Trust me, lo bakal dapet yang terbaik ketika lo berusaha menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar